Langsung ke konten utama

Kerjasama Tim dan Kolaborasi (Teamwork and Collaboration)


Pentingnya Kerjasama Tim dan Kolaborasi dalam Bekerja

Kerja sama terkadang menjadi sebuah hal yang masih banyak dihindari oleh beberapa orang di lingkungan pekerjaan. Namun, mengapa orang-orang tersebut masih mempertahankan sikap seperti itu? Padahal, banyak sekali keuntungan yang dapat diperoleh dari bekerja sama dalam satu tim, baik untuk diri sendiri maupun untuk organisasi. Tidak hanya menawarkan kesempatan yang luar biasa untuk perkembangan profesionalitas diri, tetapi kerjasama tim juga berarti kita bisa membuat sebuah pekerjaan terasa lebih ringan dan mudah. Berikut ini beberapa penjelasan mengapa bekerja sama sangat penting dilakukan di lingkungan kerja.

Meningkatkan Efisiensi
Ketika bekerja dalam tim, kita cenderung bekerja menuju tujuan yang sama secara bersamaan. Semua proses pekerjaan yang kita kerjakanpun menjadi lebih efisien karena kita akan menyelesaikannya secara bersamaan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Bekerja dalam tim juga dapat memudahkan kita dalam menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk lebih cepat, karena pembagian tanggung jawab dengan lainnya. Dari sudut pandang manajemen, meningkatkan kerja sama tim dalam lingkungan kerja juga membantu organisasi atau departemen kita untuk mengambil pekerjaan tambahan dan akhirnya mendapatkan keuntungan atau bonus akhir tahun tanpa karyawan tambahan.

Kerjasama Meningkatkan Efisiensi Kerja
 
Memperoleh Ide-ide Baru
Salah satu keuntungan terbesar yang kita terima dalam melakukan kerja sama tim adalah kita maupun organisasi akan mendapatkan inspirasi serta ide-ide baru dari diskusi bersama tim. Ketika kita saling bertukar ide dengan rekan kerja yang lainnya, ada sebuah ruang kreativitas yang jauh lebih luas dibandingkan ketika kita memikirkan ide tersebut sendirian, dimana sering kali kita bisa merasa buntu dan tidak tahu ide apa yang harus diberikan kepada atasan.

Dalam lingkungan tim yang efektif, banyak karyawan merasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan mereka. Tanggung jawab terhadap atasanpun menjadi tanggung jawab bersama sehingga kita dan tim lebih percaya diri untuk menyampaikannya ke atasan. Bekerja dalam tim juga dapat membuat kita dan rekan kerja mampu menyelesaikan masalah tersebut melalui sudut pandang yang berbeda sesuai dengan latar belakang dan pengalaman kerja masing-masing. Hal tersebut juga akan sangat menguntungkan karena dapat membantu organisasi kita dalam menghasilkan solusi yang optimal.

Kerjasama dan Kolaborasi Tim Menciptakan Ide Baru

Meningkatkan Pengalaman Belajar
Seperti yang telah banyak disebutkan di atas, kerja sama tim penting dilakukan dalam lingkungan kerja karena mampu membawa berbagai orang dengan latar belakang dan pengalaman kerja yang berbeda secara bersamaan. Kitapun bisa mempelajari berbagai jenis pengetahuan dari orang lain yang juga meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam diri anda. Masing-masing anggota tim punya peran sebagai sumber informasi bagi karyawan yang lain di dalam lingkungan tim. Penting pula dicatat bahwa ketika seseorang punya banyak pengetahuan, maka kepercayaan diri mereka akan bertumbuh. 

Kolaborasi Tim Menambah Pengalaman Belajar



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Argumen yang Sering Ditemukan Terhadap Pekerjaan Jarak Jauh

Sering kali kita mendengar pendapat orang mengenai bekerja jarak jauh maupun bekerja dari rumah. Tidak sedikit juga yang mengeluarkan argument orang dengan anti-remote atau tidak mau bekerja jarak jauh. Padahal, ada sebuah pertimbangan jika sebuah pekerjaan memang perlu dikerjakan secara jarak jauh. Berikut adalah argument anti-remote yang paling umum didengar. 1.     Menambah penilaian diri Ada pendapat bahwa, “Memulai dengan seluruh tim di satu kantor mendapatkan penilaian yang lebih baik daripada tim jarak jauh.” Faktanya adalah, mungkin beberapa perusahaan tidak memiliki kantor tetap. Mereka biasanya bergerak secara mobile dan bisa bekerja dimana saja. Hal ini bukanlah penghalang untuk bekerja. Karena yang terpenting adalah pendapatan dan hasil pekerjaan yang bisa menguntungkan dalam nilai bisnis. Meskipun begitu, memiliki tim di kantor adalah hal yang mudah untuk dicapai jika ingin bertemu atau diskusi suatu hal tentang pekerjaan. 2.     ...

7 Aspek Membangun Tim Kinerja Tinggi (High Performance Team)

Training Millennial Leadership Jakarta Seorang pemimpin tentu berharap organisasi yang dipimpinnya memiliki kinerja yang tinggi ( High Performing Organization).  Untuk mencapai kinerja yang tinggi ada prasyarat yang perlu dimiliki oleh sebuah tim. Paling tidak ada 7 aspek yang perlu diperhatikan untuk membangun tim berkinerja tinggi. 1. Goal Setting Sebuah tim mampu berkinerja tinggi jika memiliki tujuan atau sasaran yang jelas dan dipahami oleh seluruh anggota tim. Selain dipahami, sasaran tersebut perlu dapat diterjemahkan dalam tindak tanduk atau perilaku sehari-hari. Dengan tingkat pemahaman  yang baik sekalipun, anggota tim belum tentu mampu menerapkan dalam perilaku sehari-hari mereka. Seorang pemimpin perlu memastikan bahwa pemahaman dan tindakan setiap anggota tim harus selaras dengan sasaran tim yang berkinerja tinggi tersebut. 2. Leadership Tim berkinerja tinggi dapat dicapai jika ada faktor kepemimpinan yang baik. Kepemimpinan memberikan pen...

Apa Rencana Kamu 5 Tahun ke Depan?

Public Training Millennial Leadership Jakarta Ini adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan saat kita sedang berada dalam sebuah wawancara pekerjaan. Hal ini seringkali ditanyakan oleh kantor yang mewawancarai kita, untuk mengetahui apakah kita punya mampu merancang masa depan diri kita sendiri di masa depan. Ada orang-orang yang memberikan jawaban terlalu ambisius, rencana yang masih mengawang-awang, atau ada juga yang tidak bisa menjawab sesuai dan berhubungan dengan posisi yang diinginkan di tempat kerja. Untuk menghindari kita dalam memberi jawaban-jawaban “lucu” tersebut, berikut ada beberapa tips untuk menjawab pertanyaan tersebut: Menyebutkan Tujuan Secara Jelas dan Lugas Menyebutkan tujuan secara jelas dan lugas, langsung, dengan memberikan kaitan langsung dengan pekerjaan yang kita inginkan, sehingga pewawancara bisa mengerti langkah kita selanjutnya di posisi yang kita inginkan tersebut. Menyebutkan Tujuan Secara Jelas dan Lugas Menjabarkan Kemauan...