Menerapkan
Budaya Adaptif
Saat ini teknologi informasi
berkembang sangat cepat, mengikuti pertumbuhan internet dengan dunia
mayanya. Perkembangan teknologi yang sangat cepat ini tentu saja mengubah
pemikiran manusia dalam berbisnis. Jika sebuah perusahaan hanya berdiam diri
tanpa melakukan sebuah perubahan yang berarti, lambat laun perusahaan tersebut akan
gulung tikar. Ada beberapa solusi yang dapat mengatasi masalah tersebut.
Tuntutan persaingan dunia usaha yang ketat di era globalisasi saat ini menuntut
perusahaan untuk meningkatkan kebutuhan usaha melalui pengelolaan organisasi
yang efektif dan efisien.
Budaya
adaptif merupakan sebuah budaya perusahaan
(corporate culture) di mana karyawan bisa
menerima perubahan, termasuk perbaikan proses internal yang berkelanjutan. Perusahaan
menjadi efektif dan efisien ketika para karyawan mampu memahami secara benar tentang
budaya perusahaan (corporate culture)
seperti ini. Dalam budaya adaptif, cara berkomunikasi secara efektif dalam perusahaan
menempati peran yang sangat penting. Komunikasi merupakan salah satu bagian
dari manajemen sumber daya manusia untuk interaksi, arahan, dan peningkatan
efektivitas kerja dalam tim.
Dalam budaya adaptif, peranan
pimpinan sampai bawahan dikatakan berhasil dalam sebuah perusahaan ketika
komunikasi antar karyawan mampu meningkatkan kinerja individu maupun kinerja
organisasi. Kinerja merupakan hasil dari efisiensi pengelolaan masukan dan
efektivitas pencapaian sasaran.
Budaya Adaptif Dibuktikan dengan Komunikasi yang Efektif |
Budaya perusahaan (corporate
culture) yang benar akan menciptakan efektivitas dan efisiensi pekerjaan
yang tinggi, sehingga menghasilkan kinerja yang tinggi pula. Untuk memperoleh
kinerja yang tinggi dibutuhkan sikap mental yang memiliki pandangan jauh ke
depan, dimana seseorang perlu punya sikap optimis, bahwa kualitas hidup dan
kehidupan hari esok lebih baik dari hari ini.
Peran seorang pemimpin sangatlah
penting bagi bawahannya dan memengaruhi efektivitas kerjanya apabila mampu
menyampaikan visi dan misi organisasi secara persuasif dengan komunikasi dan
gaya bahasa yang mudah dimengerti. Kondisi ini menimbulkan motivasi dan
semangat bagi tim dibawahnya, untuk bekerja secara optimal karena mereka tahu
apa yang menjadi tujuan perusahaan secara jelas.
Hal ini dapat meningkatkan
kesuksesan perusahaan dengan membentuk budaya adaptif di sebuah perusahaan.
Budaya adaptif sangatlah berpengaruh dan penting di era millennial saat ini.
Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, budaya perusahaan (corporate culture) dapat menjadi
perangkat utama yang mendukung komunikasi untuk peningkatan kinerja, yang
secara langsung meningkatkan produktivitas perusahaan.
Komentar
Posting Komentar