Public Training Millennial Leadership Jakarta |
Tiap orang memiliki caranya masing-masing, supaya kerjanya bisa menjadi lebih teratur. Ada yang membuat rencana harian, ada juga yang membuat rencana mingguan, atau ada yang membuat rencananya bulanan. Manakah yang lebih baik? Mayoritas orang yang membuat rencana secara berkala, mampu lebih menghargai waktu dan membuat prioritas dalam pekerjaannya. Salah satunya, adalah membuat rencana mingguan. Bagaimana cara membuat rencana mingguan agar lebih produktif di kantor? Dibawah ini adalah beberapa diantaranya:
Membuat Rencana untuk Banyak Hal
Rencanakan apa saja yang ingin kita capai dalam minggu ini dan minggu di
depan, dengan rencana mingguan. Jadwalkan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan
berbagai macam tugas-tugas tersebut, dengan membuat berbagai hitungan dasar untuk
setiap pekerjaan yang kita lakukan. Kelompokkan berbagai jenis pekerjaan yang
sama untuk mempersingkat waktu dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan tersebut.
Rencanakan juga tiap pekerjaan untuk diselesaikan dalam waktu yang sudah
ditentukan. Hal ini membantu untuk menyelesaikan tugas dan tidak membuang waktu
secara percuma.
Rencanakan Menjelang Weekend
Perencanaan yang baik dilakukan semenjak lama, misalnya sebelum weekend
atau hari terakhir bekerja dalam satu minggu. Ini bisa membantu kita untuk
mengetahui ada masalah apa sebenarnya di minggu tersebut, mengingat kembali pekerjaan
apa yang kira-kira menghabiskan waktu dan yang mempersulit kita, serta membantu
perencanaan waktu kita di minggu depan menjadi lebih efektif. Dengan melakukan
hal ini, kita tidak akan bingung untuk memulai pekerjaan di minggu depan,
karena telah direncanakan dengan baik saat weekend.
Rencanakan Menjelang Weekend |
Buatlah Skala Prioritas
Memikirkan prioritas dalam membuat perencanaan mingguan menjadi hal
yang penting. Kita bisa mengetahui hal apa saja yang perlu dilakukan terlebih
dahulu untuk dikerjakan. Apabila kita telah membuat prioritas dalam pekerjaan, kita
akan punya waktu untuk menyelesaikan berbagai prioritas kita tersebut, untuk mendapatkan
hasil yang terbaik. Kemampuan memprioritaskan pekerjaan dengan baik akan
membuat kita mampu untuk lebih fokus dan menyelesaikan pekerjaan dengan tepat
waktu, untuk dapat menikmati waktu luang di luar jam kerja dengan berkumpul bersama
keluarga dan teman-teman.
Membuat Skala Prioritas Supaya Lebih Produktif |
Jadwalkan ke dalam Kalender
Setelah kita membuat rencana dan prioritas pekerjaan, kita perlu
mencatatnya juga dalam kalender kegiatan kita. Mengapa? Karena beberapa orang seringkali
lupa memiliki rencana yang perlu untuk diikuti. Memasukkan jadwal ke kalender menjadi
hal yang sangat penting untuk orang yang cenderung sibuk dan seringkali lupa
akan rencana dengan orang lain sebelumnya. Nyalakan notifkasi agar ada sebuah pengingat
sebelum melakukan pekerjaan atau jadwal bertemu dengan seseorang.
Jadwalkan ke dalam Kalender agar Lebih Produktif |
Evaluasi Diri secara Berkala
Setelah akhir minggu, lihat hasil perencanaan mingguan yang telah dibuat.
Buat pencatatan atas pencapaian kerja yang
sudah maksimal, atau yang masih dalam proses. Setelah membuat perencanaan mingguan,
tentu saja kita dapat belajar untuk memprediksi energi, produktivitas, dan
rencana selanjutnya agar lebih efektif dan efisien. Jika kita melihat ada
kemajuan, berarti rencana mingguan kita bisa dikategorikan berhasil. Apabila
belum ada kemajuan, bisa jadi kita perlu untuk mengubah beberapa prioritas,
jadwal, dan memotivasi diri untuk menjadi lebih produktif dan lebih baik di
masa mendatang.
Evaluasi Diri Supaya Lebih Efektif |
Komentar
Posting Komentar