Pada
beberapa minggu ini, banyak orang yang memilih untuk bekerja dari jarak jauh.
Bisa bekerja di rumah, kedai kopi, perpustakaan, bahkan dalam perjalanan ke
suatu tempat. Namun, bekerja Remote bukan untuk semua orang. Ada perusahaan
yang berjuang dengan itu, dan tidak semua karyawan bekerja dengan baik dalam
budaya terdistribusi. Jika bisnis mempertimbangkan tim dan situasi mereka
dengan cermat dan memutuskan bahwa jarak jauh bukan untuk mereka, itu bagus;
mereka benar-benar harus tetap dengan keputusan itu.
1.
Budaya “Water Cooler”
Beberapa perusahaan
memiliki budaya untuk mengumpulkan orang-rang di kantor dan mengobrol tentang
hal-hal lain diluar pekerjaan. Memiliki hubungan dengan rekan kerja merupakan
hal yang perlu diperhatikan. Terutama jika bekerja dalam tim. Coba untuk saling
bercerita dan bertukar pendapat dengan anggota tim. Salah satu cara Water
Cooler atau pencair suasana yaitu dengan memiliki grup percakapan di pesan
instan, seperti WhatsApp dan sejenisnya.
2.
Orang lebih produktif di kantor
Ada argument
mengatakan bahwa kantor dibangun untuk bekerja, disana orang menyelesaikan
sebagian besar pekerjaan mereka. Ini adalah salah satu argument yang dianggap
tidak menghormati pekerja yang bekerja di tempat selain kantor. Setiap orang
memiliki gaya kerja, preferensi, dan kondisi optimal untuk bekerja. Pekerjaan
jarak jauh sebenarnya mengenali dan menerima itu.
Jika kita merasa
paling produktif ketika bekerja di kantor, maka kita dapat bekerja dengan
menggunakan ruang kerja atau sewa ruang kerja bersama. Tetapi jika kita merasa
produktif bekerja dari rumah, kedai kopi, atau perpustakaan, makan pekerjaan
jarak jauh memberi kita kebebasan untuk melakukannya juga.
3.
Kita membutuhkan kantor untuk pekerjaan
Beberapa orang lebih
Bahagia ketika mereka bisa masuk dan keluar dari mode kerja, dan datang ke
kantor fisik untuk melakukan berbagai macam pekerjaan. Konsep di balik argument
ini bisa saja benar. Membawa pekerjaan setiap saat di kepala kita bukanlah cara
yang sehat atau menyenangkan untuk hidup. Tetapi pemisahan itu dapat dicapai di
luar kantor juga. Ada orang yang melakukan pekerjaan di luar lokasi, atau
mencari ruang terpisah di rumah sebagai kantor. Bahkan ada pula yang hanya
memiliki meja khusus di sudut ruangan yang hanya digunakan untuk bekerja.
Menciptakan pemisahan dalam pola pikir ketika akan bekerja atau tidak. Bisa
juga dengan mematikan notifikasi di ponsel. Hal ini akan sangat membantu dalam
konsentrasi dan fokus kerja.
Komentar
Posting Komentar