Semua orang yang bekerja pasti akan mengalami suatu
tekanan dan frustasi. Ketika mencapai titik puncak, kita cenderung akan
melampiaskan emosi kepada rekan kerja yang ada di sekitar. Ini adalah cara
mudah untuk mengeluarkan tenaga dari rasa frustasi yang muncul pada suatu
proyek atau tenggat waktu tertentu.
Namun, ketika seseorang terus menerus melampiaskan
emosinya, hal itu dapat menciptakan suasana negative dan penurunan suasana hati
dari diri sendiri dan rekan kerja juga. Sehingga dapat merusak suasana,
mengurangi produktivitas, dan membuat jengkel orang-orang di sekitar. Maka dari
itu, perlu untuk menyiapkan panduan praktis untuk membantu mengubah suasana
tempat kerja menjadi lebih produktif.
1.
Kurangi dampak negatif pada rekan kerja
Pikirkan bagaimana kita ingin orang
lain memandang diri kita di tempat kerja. Apakah ingin dianggap sebagai
pemimpin, orang yang positif, kreatif, dan cerdas? Apapun tujuan karir, sangat
penting untuk dipandang sebagai pengeluh. Hindari untuk melampiaskan emosi
secara terus menerus pada rekan kerja. Jika perlu curhat, ceritakan kepada
rekan kerja yang dianggap sangat dekat, kemudian cari ruang sendiri agar tidak
mengganggu yang lain.
2.
Bicara dengan rekan kerja
Pada poin sebelumnya, penting untuk
mendapatkan dukungan dari seorang rekan dalam bekerja. Katakana pada rekan
kerja bahwa kita menginginkan dukungannya ketika membicarakan hal yang membuat
frustasi. Mintalah umpan balik untuk mencari tahu solusi dan bantuan dari rekan
kerja untuk memutuskan tindakan kita selanjutnya.
Baca juga: 3 Cara Membangun Budaya Remote yang Kuat
3.
Luangkan waktu untuk memikirkan solusi
Jika kita sedang bersama dengan rekan
kerja, luangkan waktu untuk memikirkan bagaimana cara memperbaiki hal yang
dapat menyebabkan frustasi. Temukan solusi yang dianggap sesuai untuk masalah
yang ada.
4.
Miliki pikiran positif
Jauh lebih mudah uhntuk bersijap
negative tentang hal-hal yang terjadi daripada menemukan hal-hal positif untuk
dipuji. Luangkan waktu untuk membuat diri kita memerhatikan dan berbicara
tentang hal-hal yang positif di ruang kerja. Tantang diri kita untuk mengamati
segala hal di sekitar, seperti pekerjaan yang dilakukan atau pertemuan yang
kita hadiri.
5.
Tulis semuanya
Tuliskan hal yang membuat kita stress
dalam sebuah jurnal. Kita akan lebih memahami hal apa yang memicu stress dan
bagaimana cara untuk mengatasinya. Ubah pengalaman negative menjadi aktivitas
yang lebih produktif dan menguntungkan di tempat kerja.
Komentar
Posting Komentar